Minggu, 09 Oktober 2011

Organisasi Restaurant 'Mc Donalds Indonesia'

Pendahuluan


1. Latar belakang

Mc donalds adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan yakni restaurant fastfood (cepat saji). Di Indonesia resto ini merupakan restaurant yang terbesar dan terkenal karena mengambil dari resto-resto yang ada diluar negeri. Dalam hal ini saya akan membahas tentang organisasi yang ada dalam perusahaan tersebut.


2. Rumusan Masalah
  •      a. Apa yang membuat restaurant cepat saji masih banyak diminati  sampaisekarang ?
  •      b. Bagaimana struktur organisasi dalam perusahaan tersebut ?

3. Tujuan
    a. Untuk mengetahui tujuan restaurant tersebut ?
    b. Untuk mengetahui struktur organisasi dalam perusahaan tersebut ?


Teori 

Mc donalds Indonesia corporations adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan (fastfood) yang terkenal. Hadir di Indonesia pada tahun 1991 dan merupakan negara ke 70 dari Mc donalds seluruh dunia. H. Bambang N. Rahcmadi Msc MBA adalah warga negara indonesia pertama yang berhasil mendapatkan hak master franchise Mc donalds corporation dengan mengalahkan 13.000 pesaing. 
Visi dan misi restaurant tersebut adalah be the world's quick service restaurant experience (menjadi restaurant cepat saji yang berpengalaman, paling cepat melayani dan terbaik diseluruh dunia). Untuk mencapai tujuan tersebut dibuatlah suatu sistem yang mampu menyediakan jasa makanan dengan lebih dari 50.000 restaurant. Brand Mc donalds menyentuh siapa saja, kapan saja, dimana saja saat kita melakukan bisnis sekalipun. Restaurant dimana membuat setiap pelanggan tersenyum dan merasa spesial. Makanan yang paling baik dikelasnya dengan penyajian yang baik dan menu makanan yang beragam. Organisasi yang memiliki hubungan kerja yang baik dan kuat antara pemilik, pemasok barang dan perusahaan.
Membicarakan organisasi, Mc donalds menggunakan struktur organisasi lini atau garis. Dengan menggunakan struktur organisasi ini maka perintah mengalir dari Store Manager turun ke First Asistant Manager turun ke Second Asistant Manager turun ke Junior Manager turun ke Trainee Manager turun ke Crew Leader dan lini paling bawah adalah Crew. Di luar lini tersebut juga terdapat STAR, TopCat  dan VIP yang bertanggung jawab penuh pada Store Manager. Store Manager selanjutnya bertanggung jawab kepada Operation Consultant. Operation Consultant akan bertanggung jawab kepada Operation Manager dan Operation Manager akan bertanggung jawab kepada Head Office Jakarta.



Sumber :
elib.unikom.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar